Jika tidak ada jika

Bingung ya baca title nya? Begini.. kapan hari pas dijalan, sempat ada ide (sampai kedengeran bunyi ‘ting’ nya) bagaimana seandainya ngga ada ‘jika’. Kata ‘Jika’ dalam kehidupan sehari-hari lebih dekat pengertiannya kepada hal pengandaian, yang berarti bisa terjadi dan bisa pula tidak.

Dalam dunia IT, lebih spesific lagi di dunia software, phrase ‘jika’ atau ‘if’ merupakan phrase yang sangat berperan dalam proses flow control jalannya aplikasi. Statement yang menjadi operand atau yang diuji kebenarannya oleh ‘if’ akan selalu benar (true) atau salah (false). Ups, jadi inget filem “Meet the parents” kmrn yg ada adegan kocaknya waktu si camer (calon mertua) yang anggota FBI menginterograsi calon menantunya agar menjawab “Ya” atau “Tidak” saja sambil dipegang kedua tangannya. Hehehe

Kembali ke software tadi, jika tidak ada ‘jika’, artinya jalannya aplikasi tidak dapat dikontrol; lebih spesific lagi dapat dikatakan aplikasi tidak dapat berjalan. (Sorry,) jadi inget lagi kata temen saya (Idam Satria), yang berkata kalo semua bahasa pemrograman tuh gampang, selama masih ada ‘if’ disitu.

(Kembali ke bagian sebelumnya). Jika aplikasi tidak dapat berjalan, berarti sama artinya tidak ada aplikasi (software). Anda dan saya tidak dapat browsing, chatting. Tidak juga dapat pelayanan yang memuaskan dari layanan perbankan. Mungkin kita akan menabung seperti jaman nemo kita: di bawah bantal! Kita juga tidak kenal apa itu SMS, HP, nonton TV, waifi dengan blututnya; Tidak juga dapat terbang dengan pesawat… wis pokoke kumplit-plit. Dan akibatnya hidup anda dan saya (minimal) menjadi datar.

Dan perhatikan pula, jika memang tidak ada ‘Jika’, Lebih ekstrim lagi, anda semua mungkin tidak dapat menerima/membaca message (tulisan) ini jika tidak ada ‘jika’. Dan kalaupun bisa, tulisan ini menjadi tidak ada (judulnya). Judul yang berbunyi ‘jika tidak ada jika’, jika (jika lagi..) ‘jika’ nya dibuang kan menjadi: ‘tidak ada’. Nah anda bingungkan jika (jika lagi..) judulnya ‘tidak ada’?

Nah.. untung kan ada si ‘jika’. HHmmm. ILU jika… muachh..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *