Skip to content

Tentang malaikat

Sumber gambar: unspalsh.com.

Highway to Heaven“. Ya, itu sebuah judul film (serial) TV tahun tahun 80-an, dan saya hampir selalu menontonnya. Waktu itu masih jaman TVRI jaya, the one and only kotak gambar hidup di negeri ini. Sebuah film yang memerankan Michael London Landon, sebagai ‘seorang’ malaikat yang dikirim ke bumi. Mengesankan sekali isi ceritanya, apalagi dilengkapi dengan adegan-adegan ajaib yang menampilkan kemampuan lebih seorang malaikat.

Tadi pagi di Radio Delta FM saya mendengarkan “hikmah ramadhan” atau apalah namanya (saya lupa), oleh Emha Ainun Nadjib, yang menyampaikan tentang malaikat. Dalam salah satu ayat Al-Qur’an dikisahkan percakapan Allah dengan malaikat tentang akan dihadirkannya (diciptakannya) manusia di muka bumi oleh Allah.

Malaikat-pun bertanya (atau curhat?), kenapa Allah menciptakan manusia. Sebenarnya oleh Allah belum / tidak disebut secara eksplisit sebagai “manusia”, melainkan disebutkan peran makhluk itu (khalifah).

[QS.2.30] Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”

Yang jadi pertanyaan dan dapat menjadi bahan diskusi (setidaknya demikian yang disampaikan Emha) adalah, bagaimana malaikat dapat mengetahui bahwa yang hendak diciptakan oleh Allah adalah yang nantinya berbuat kerusakan dan menumpahkan darah di muka bumi. Apakah malaikat dibekali kemampuan juga untuk menjadi futurelog (bener ngga sih penulisannya?). Atau sebenarnya malaikat juga pernah menjadi ‘manusia’ di kehidupan-kehidupan sebelumnya? Apakah manusia suatu ketika juga dapat menjadi manusia malaikat? Hanya Allah yang tahu.

Comments

Leave a Reply

If you have any questions about the post write a comment. We'll be happy to answer.

Your email address will not be published.

7 replies on “Tentang malaikat”

  1. Share

    Saya pernah baca , dulu katanya sebelum manusia pernah ada penghuni bumi yang lain.. tapi mereka berbuat kerusakan sehingga di musnahkan oleh Allah. Mungkin saja Malaikat tidak mau hal itu terulang lagi dengan diciptakannya Manusia..

  2. Share

    ancen,manusia bikin rusak bumi..kekkekek….
    makin mantabz wae neh…dulu sempat mau melayat ke om namora,gara2 “mau” blognya mati,…eee ga tahunya hidup lagi..kekkeke….ngerii..seyemmmmm..!!!

  3. Share

    Hedi says:

    Sebuah dialog yang sarat dengan introspeksi diri sebagai manusia 🙂

  4. Share

    ya,, daku juga pernah lihat filmnya.. yang punya anak banyak itu kan????
    Tapi saya ngga pernah tau isi ceritanya… hehehe

  5. Share

    dito says:

    michael landon bos yg bener…bukan..bukan pny anak banyak.yg pny anak byk tu little house in the prairie.
    crita filmnya dicontek abis sama sinetron sang pengembara-nya dedi mizwar di sctv bln puasa taun kmrn..
    “Mengesankan sekali isi ceritanya, apalagi dilengkapi dengan adegan-adegan ajaib yang menampilkan kemampuan lebih seorang malaikat.”->ngga juga…80% lebih ceritanya hanya menonjolkan pentingnya bersikap tulus dan berhati bersih,ga ada keajaiban malaikat ala holywood..hehe felem paporit aye tu selain voltus v jaman masih ingusan dulu 🙂

  6. Share

    @dito.. : Oiya yah.. yah daku ndak tauuu…

  7. Share

    Dito, thanks atas koreksinya. Yang benar memang Michael Landon.

Related posts

Scroll to top