Yahoo!finance rocks!

Biasanya web site BEJ merupakan tempat saya mencari data yang berhubungan dengan saham atau data keuangan perusahaan publik. Data tersebut misalnya harga historical saham dan market index nya (IHSG). Tetapi saya merasa di situs tersebut banyak lack nya. Di samping access performance-nya yang lambat, situs tersebut juga hanya menyediakan data histori sampai 2 tahun saja. Artinya data tahun yang ketiga tidak dapat di akses.


Sebenarnya kalau mau lebih lengkap lagi, saya harus melakukan akses langsung ke database mereka dengan datang langsung ke Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM), yang ada di gedung BEJ lantai 2, di jalan Sudirman. Di sana saya dapat melakukan pencarian data dengan cara konvensional (artinya melalui hardcopy-nya), maupun melalui aplikasi komputer yang jauh lebih cepat dan efisien. Hanya saja, dengan aplikasi komputer tersebut, kita tidak dapat menyimpannya ke dalam softcopy (pernah kepikir sih, gimana kalo colokin flash memory ke usb port…. hehe dasar otak kriminal), melainkan __HARUS__ dicetak, dan dikenai biaya pencetakan perlembarnya.

Sebenarnya yahoo!finance juga menyediakan layanan yang serupa, dengan kualitas yang relatif lebih baik dan ‘gratis’. Salah satu layanan yang diberikan adalah Technical analysis, yang di dalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan perbandingan trend harga dua saham. Juga terdapat layanan untuk mendapatkan data history (dengan akses yang lebih mudah dan cepat, tentunya). Data history tersebut dapat berupa harga harian, mingguan, dan bulanan atau hanya deviden.

Mengenai data deviden, sepertinya web site BEJ tidak menyediakannya (atau saya yang belum nemu). Tapi Yahoo!finance menyediakan hal tersebut, hanya saja nominalnya dalam satuan US$.

Berikut ini contoh screen dari Yahoo!finance.

ASII vs. TLKM

Untuk mendapatkan data-data tersebut, kita harus tahu code/symbol stock (saham) nya. Simbolnya sama seperti yang listed di BEJ, hanya saja harus ditambahkan “.JK” (tanpa tanda petik), setelah nama simbol. Contohnya, kode saham Astra International di BEJ adalah ASII, sehingga di Yahoo!finance menjadi ASII.JK

Sebenarnya google juga memberikan layanan yang serupa melalui google finance, tapi masih beta. Baru saja saya coba, ternyata masih banyak link yang putus. Ayo google, kamu bisa!

Ralat:

  • Ternyata jsx.co.id juga menyediakan data deviden, hanya saja agak ribet ambilnya. Mesti masuk ke menu, sub menu, sub menu dst.
  • Deviden di yahoo!finance sudah betul, sama dengan yang di jsx.co.id, currency symbolnya di ignore saja.
  • Judulnya sudah dibetulin, thanks ya pulisieyd.

7 comments

  1. Temen-temen saya yang ambil matakuliah statistik keuangan juga sering tuh liat yahoo finance, cuman saya ga ngerti karena ga ikutan ambil kuliah itu

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *